Plafon Gypsum

 

A. Kelebihan Menggunakan Plafon Gypsum

Gypsum banyak diminati sebagai plafon karena material yang satu ini memungkinkan pembuatan plafon yang tak menunjukkan sambungan, mulus, dan rata. Selain berbagai keunggulan sebagaimana yang telah disebutkan di atas, plafon gypsum juga semakin populer karena dapat sekaligus memperindah rumah dengan ragam desainnya yang sangat rapih hasilnya dan banyak sekaligus berbagai pilihan aksesorinya seperti hiasan pada bagian tengah, hiasan sudut, lisplang, hingga tulisan atau kaligrafi yang bisa dipesan khusus. Material ini juga tak mudah terbakar sehingga cocok digunakan untuk garasi atau untuk di dekat tungku. Bila terjadi kerusakan, plafon dengan bahan gypsum juga lebih mudah untuk diperbaiki. Di pasaran tersedia berbagai warna yang dapat Anda pilih sesuai selera yaitu biru, pink, hijau, krem, dan lain-lain. Berikut Beberapa Keunggulan menggunakan Plafon Gypsum

 

 

Instalasi Gypsum

1. Kemudahan instalasi

Baca Juga : Plafon Rumah Gypsum Minimalis

Panel gypsum board memiliki ukuran yang relatif lebih besar dibanding dengan bahan lainnya. Dengan dimensi lebar 120 cm & 135 cm dan panjang 2,4 m & 3,6 m membuat gypsum dapat dengan cepat diaplikasikan untuk menutup area langit-langit yang luas.

Merakit gypsum sangat mudah, hanya memerlukan beberapa alat. Gypsum dapat dipotong dengan pisau atau berbagai gergaji, dan dapat disambung dengan berbagai alat, seperti sekrup, paku, dan staples.

 

Gypsum board berbobot ringan. Dua pekerja saja dapat dengan mudah melakukan pemasangan plafon rumah minimalis dalam area yang luas dalam periode waktu yang sangat singkat.

Teknik instalasinya mudah dipelajari oleh para pekerja hanya dalam hitungan beberapa jam.

 

 

Tahan Api

 

2. Non combustible (tahan api )

Sesuai dengan fungsi utama plafon sebagai pelindung dari segalam macam cuaca, sifat gypsum yang tahan api membuat material ini layak menjadi material plafon rumah minimalis no.1. Papan gypsum sangat efektif menghambat transfer panas dan penyebaran api. Sebuah tes yang telah dilakukan terhadap gypsum menunjukkan bahwa papan gypsum memiliki indeks penyebaran api yang rendah dan indeks kepadatan asap rokok yang rendah. Jika gypsum dikombinasikan dengan material non-cumbustible yang lain maka akan menghasilkan material yang sangat efektif melindungi elemen bangunan dari kebakaran untuk periode waktu yang ditentukan.

 

Gypsum isolasi suara

Isolasi suara

 

3. Isolasi Suara

Salah satu pertimbangan utama ketika merancang bangunan adalah mencegah transfer suara yang tidak diinginkan ke lingkungan sekitar. Apalagi jika dalam satu kompleks permukiman terdapat beberapa fungsi bangunan yang berbeda, contoh jika bangunan kantor bersebelahan dengan bangunan pabrik. Pemilihan model plafon gypsum dengan setting akustik tertentu adalah hal yang tepat, karena gypsum bersifat dapat mengontrol transmisi suara.

 

 

Tahan lama

Daya Tahan Lama

4. Daya Tahan

Plafon gypsum memiliki stabilitas kekuatan yang tinggi serta awet. Penghuni rumah tidak perlu repot memikirkan maintenance untuk plafon gypsum, karena umur pakainya yang relatif panjang.

 

 

Value for money

5. Ekonomis

Ketersediaan gypsum board yang sangat banyak membuat plafon rumah minimalis berbahan gypsum menjadi favorit. Ditunjang dengan kebutuhan tenaga kerja yang tidak banyak, maka harga plafon rumah berbahan gypsum menjadi sangat terjangkau. Bagi Anda yang memiliki budget terbatas tetap dapat menggunakan papan gypsum sebagai material penyusun plafon rumah minimalis Anda.